Saturday, November 30, 2013

PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA ( IPA KELAS IV)

               
                Tanah yang sekarang tampak tandus,bisa jadi dulunya merupakan daerah subur
  
      Lingkungan tempat tinggal kita selalu mengalami perubahan.Apa yang terjadi jika matahari secara terus-terusan memancarkan cahayanya ke bumu?. Lambat laun permukaan bumi akan mengalami perubahan fisik , terutama pada tanah dan lingkungan sekitarnya.Saat kemarau panjang terjadi,tanah menjadi kering . Pepohonan yang semula berdaun lebat menjadi meranggas.Berikutnya akan dijelaskan akibat-akibat yang terjadi karena pengaruh angin,hujan,gelombang laut,dan cahaya matahari pada lingkungan di bumi.

A Penyebab perubahan lingkungan

     Faktor-faktor alam penyebab perubahan lingkungan di bumi,antara lain,angin,hujan,gelombang air laut,dan cahaya matahari. Akibat apakah yang dapat di timbulkan oleh faktor-faktor penyebab tersebut terhadap kondisi lingkungan di bumi.

1. Angin

       Angin merupakan udara yang bergerak.Angin terjadi karena  adanya perubahan terjadi karena tekanan udara. Angin bergerak dari daerah yang mempunyai tekanan tinggi ke daerah yang mempunyai tekanan rendah. Daerah yang memnerima panas lebih banyak menjadi tekanan rendah.Hal ini di sebabkan udara di  tersebut  memuai dan bergerak ke atas. Tempat yang di tinggalka oleh udara yang naik tersebut akan di isi oleh udara dari daerah dingin.Hal ini di sebabkan udara di daerah dingin memiliki tekanan yang lebih tinggi.Jadi, angin merupakan udara yang mengalir derah dingin ke daerah panas.
        Angin sangat berguna bagi makhluk hidup. Misalkan, angin di gunakan untuk menggerakkan perahu atau kapal layar. Pra nelayan yang mencari ikan di laut banyak memanfaatkan energi angin,terutama angin darat ke tengah laut,sedangkan angin laut di mamfaatkan untuk pulang kembali ke daratan.

Bahkan, angin juga dapat menghasilkan energi.Bagai mana caranya angin di manfaatkan untuk menggerakan kincir angin . Putaran kincir angin memutar turbin pada generator . Generator menghasilkan energi listrik. Energi listrik di manfaatka  untuk kebutuhan kita.
      Selain memberikan manfaatbagi makhluk hidup,angin juga dapat merugikan. Misalnya angin yang bertiup sangat kencang dapat mengakibatkan rumah ro boh,pohon-pohon tumbang dan sarana komunikasi dan listrik menjadi rusak.


2 Hujan
      Banyak di antara kita yang senang jika turun hujan.Para petani,tukang kebun,pengojek payung, dan pasti juga termasuk kamu.Biasanya hujan kamu gunakan untuk sarana bermain. Misalkan, genangan air di manfaatkan untuk menjalankan perahu-perahu dan bebek-bebekan, main bola pun sangat lebih asyik saat turun hujan. Tapi ingat, tidak boleh terlalu lama main hujan-hujanan. Jika terlalu lama, maka tubuhmu bisa sakit.
      Banyaknya air hujan yang turun di suatau tempat dalam waktu tertentu di namakan curah hujan.Air hujan yang turun, sebagian akan meresap kedalam tanah . Air tersebut kemudian diikat oleh akar tumbuhan. Sebagian lainnya mengalir melalui sungai-sungai dan akhirnya kembali kelaut.
      Apa yang terjadi jika tidak ada tanaman yang tumbuh di permukaan tanah? Tentu air akan tuirun langsung mengalir ke sungai. Akibatnya,air yang masuk kedalam sungai melebihi batas kemampuannya untuk menampung air. Jika hal ini terjadi di banyak tempat mka akan menimbulakan banjir. Banjir yang menerjang rumah-rumah penduduk sangatlah merugikan, baik dalam segi kesehatan maupun harta benda atau jiwa.Salah satu mencegah banjir adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon yang gundul.
 

        
 3 Gelombang Laut 
       Gelombang laut di pantai menjadi pemandangan yang menarik.Berbagai tempat objek wisata karena mmemiliki pantai dengan gelombang yang indah. Misalnya pantai kuta,parangtritis, Anyer,dan Pangandaran.Kita dapat menikmati gelombang tersebut dari pinggir pantai. Selain itu gelombang lain bisa di manfaatkan untuk melakukan olahrga berselancar.
       Saat berada di pantai,kamu mungkin menjumpai balok-balok -beton atau melihat pohon-pohon bakau.Balok-balok dan pohon-pohon tersebut dapat mencegah terjadinya abrasi.Abrasi adalah pengikisan atau erosi pantai yang di sebabkan oleh gelombang air laut.
        Gelombang laut yang besar dapat menyulitkan kapal yang sedang berlayar,bahkan dapat menenggelamkan kapal.



4. Matahari
       Kita ketahui bahwa matahari merupakan sumber energi bagi semua makhluk hudup.Jika tidak ada energi panas dari matahari,maka bumi kita akan membeku seperti es. Tidak ada tumbuhan yang dapat hidup di dalam es.Jika tidak ada tumbuhan ,maka manusia dan hewan akan musnah. Jadi,matahari memiliki peran yang sangat penting terhadap bumi dan seluruh isinya.Contoh peran-peran tersebut antara lain:
  a sebagai sumber panas
  b sebagai sumber cahaya
  c sebagai pendukung terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan,dan
  d sebagai penggerak mobil tenaga surya serta untuk kompor matahari
Selain menguntungkan,sinar matahari yang di pancarkan juga bersifat merugikan. Misalnya, dapat menimbulkan kemarau panjang sehingga mata-mata air,waduk-waduk,serta sungai-sungai mengering. Hal ini menyebabkab makhluk hidup kekurangan air dan sumber makanan. Dapat menimbulkan kanker kulit.Dan dapat menyebabkan kebakaran hutan.



B. Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan 
   
       Perubahan lingkungan fisik baik secara cepat maupun prlahan-lahan seringkali membawa dampak terhadap daratan.Akibat tersebut,antara lain terjadinya erosi dan abrasi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Bagaimana cara pencegahanya? Marilah kita pelajari materi pada pokok bahasan ini.

1 Erosi dan pencegahanya
       Zaman dahulu, jumlah penduduk di bumi belum sebanyak sekarang.Pada bmasa itu, bumi lebih banyak di huni oleh tumbuhan.Sejalan perubahan masa,jumlah makhluk hidup selain tumbuhan makin  bertambah banyak,tak terkecuali manusia.Oleh karena itu jumlah pemukiman yang di butukan manusia juga bertambah banyak. Manusia banyak menebangi pohon di hutan untuk di buat tempat tinggal.
       Selain itu juga manusia menebangi pohon-pohon di hutan untuk dijadikan lahan pertanian,bahan bangunan,dan pabrik-pabrik.Tindakan-tindakan tersebut,baik di sadari maupun tidak,dapat merusak kondisi alam. Hutan menjadi gundul sehingga dapat menimbulkan erosi. Erosi merupakan pengikisan tanah yang umumnya di sebabkan oleh aliran air.
        Tanah yang gundul mudah sekali terkena erosi,sedangkan tanah yang di tumbuhi tanaman,maka aliran air hujan yang turun di daerag gundul tidak ada yang menahanya.Akibatnya,tanah lapisan atas langsung terbawa oleh aliran air.Hal ini tidak akan terjadi apabila di daerah tersebut ada tanamanya,sebab tanaman dapat menehan laju aliran air hujan yang turun.
       Erosi harus dicegah,karena erosi yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan tanag menjadi tandus dan gersang sehingga tidak subur lagi jika tidak ditanami. Apa yang terjadi tanah sudah tidak dapat ditanami? Dari manakah makhluk hidup,seperti manusia dan hewan,akan memperoleh makananya? Oleh karena itu,marialah kita jaga kesuburan tanah serta kelestarian hutan dengan tidak menebang pohon-pohon di hutan secara liar.
     Cara yang dapat di tempuh untuk menanggulangi erosi,antara alain:
        a. membuat tarasering/ sengkedan pada tanah yang miring 
        b tidak mebang pohon-pohon di hutan secara liar
        c  mengadakan reboisasi di tanah-tanah yang gundul,dan
        d mengadakan hutan lindung di lereng -lereng gunung .

       
   
                   Terasering dibuat pada lahan pertanian yang miring untuk mencegah terjadinya erosi

2 Abrasi dan Pencegahannya

           Selain erosi,pengikisan tanah juga dapat disebabkan oleh gelombang laut. Pengikisan ini disebut abrasi. Apa yang menyebabkan abrasi? Abrasi banyak di sebabkan oleh kegiatan yang dilakukan manusia. Mengapa demikian? Karena sebenarnya alam telah memberikan perlidungan-perlindungan alami pada lantai untuk menahan laju gelombang laut. Perlindungan-perlindungan tersebut beruaq pohon-pohon atau batu-batu karang yang berada di sekitar pantai.
            Namaun pembanguna gedung-gedung di tepi pantai menyebabkab pohon-pohon pelindung tersebut di tebang. Akibatnya,gelombang air laut lansung menerjang bibir pantai. Hal ini di perparah lagi dengan adanya perusakn batu-batu karang secara besar-besaran.Dapatkah kita terjadinya abrasi? Cara mencegah dan menaggulangi abrasi,antara alain, tidak membuat gedung-gedung di daerah pantai; tidak menebangi pohon-pohon di sekitar pantai; mengadakan roboisasi pohon-pohon yanh dapat tumbuh di daerah panta; tidak merusak batu-batu karang yang berada di sekitar pantai.


               

No comments:

Post a Comment